Tugas 3 Anggun Aspek Dasar Komputer TIK2G22PGSD

 

ASPEK DASAR SISTEM KOMPUTER


ASPEK TEKNIS MENCAKUP                    :

a)      Hardware (Perangkat/Piranti Keras)

b)      Sofware (PerangkatT/Piranti Lunak)

c)      Brainware  (Perangkat/Piranti Manusia)

ASPEK NON-TEKNIS MENCAKUP         :

a)      Prosedur

b)      Dukungan Manajemen

DIFINISI HARDWARE

Yaitu Segala macam komponen perangkat keras yang menyusun suatu sistem komputer, sehingga komputer dapat menjalankan tugasnya.

DIFINISI SOFTWARE

Yaitu Segala macam komponen sistem pengolahan data, bahasa, dan sistem operasi yang memungkinkan komputer untuk dapat menjalankan tugasnya.

DEFINISI BRAINWARE

Yaitu Orang-orang yang bertugas dalam mengembangkan dan menjalankan sistem komputer.

PERANGKAT KERAS

1.      Perangkat Keras Pokok

Yaitu perangkat keras yang harus ada dalam suatu sistem komputer.  Jika salah satu komponennya tidak ada, komputer tidak dapat menjalankan tugasnya.

2.      Perangkat Keras Pembantu

Yaitu perangkat keras yang fungsinya membantu dalam sistem komputer.  Ada atau tidaknya perangkat ini komputer masih dapat menjalankan tugasnya.

PERANGKAT KERAS POKOK

  1. Unit Masukan (Input Unit)
  2. Unit Memori (Memory/Storage Unit)
  3. Unit Pusat Pemrosesan (Central Processing Unit = CPU)
  4. Unit Perhitungan dan Penalaran (Arithmatic Logical Unit=ALU)
  5. Unit Keluaran (Output Unit)

UNIT MASUKAN

Merupakan unit yang bertugas menerima data dan perintah dari luar untuk diterima oleh komputer   

Unit ini terbagi atas dua:

                        1. Unit Masukan Langsung

                        2. Unit Masukan Tak Langsung

1.   Unit Masukan Langsung

a. Papan ketik (key-board)

b. Pembaca dengan cahaya

 - Optical Mark Recognition (OMR) Reader

 - Pena Cahaya

- Scanner

- Touch Screen

- Optical Character Recognition (OCR) Reader

 - OCR Tag Reader

- Kamera

c. Pembaca dengan media mekanis

- Joystick

- Mouse

d. Pembaca dengan media magnetis

- Digitizer

- Magnetic Ink Character Recognition

e. Pembaca dengan media suara

2.      Unit Masukan Tak Langsung

Pembaca Kartu (Card Reader)

UNIT MEMORI

Merupakan unit yang berperan untuk menyimpan data dan hasil pengolahan data serta program yang dipakai dalam pengolah data yang pertama dipakai yaitu cincin magnetis (magnetic core) cincin ini diberi aliran listrik, sehingga membentuk medan magnit. Medan magnit bisa searah atau berlawanan arah dengan jarum jam, yang searah berarti hidup dengan simbol yang berlawanan aarah berarti mati dengan simbol 0. Berarti menggunakan bilangan binary (0 dan 1) yang disebut juga binary digit (bit) Setiap karakter (huruf, angka, atau simbol) dinyatakan dengan kombinasi bit

PERKEMBANGAN SISTEM MEMORI

1.      Binary Coded Decimal (BCD)

            a. Menggunakan kombinasi bit sebanyak 4

            b. Karakter dihasilkan dari kombinasi 4 bit ini

            Contoh:  0001 = 1      0010 = 2         dst…..

2.       Standard Binary Coded Decimal Interchange Code (SBCDIC)

Karakter dihasilkan dari kombinasi 6 bit

Contoh:    000000 = 0      000010 = 2    dst…

3.      Extended Binary Coded Decimal Interchange Code (EBCDIC)

Karakter dihasilkan dengan kombinasi 8 bit

Contoh:   00001010            10000011     dst….

4.      American Standard Code for Information Interchange (ASCII)

- Karakter dihasilkan dengan kombinasi 7 bit

- Sesungguhnya yang dipakai 8 bit juga tetapi awalnya selalu dimulai dengan 0, sehingga dikatakan kombinasi 7 bit

Contoh:    00000010          01111001      dst….

UNIT MEMORI

-          Tahun 1970 ditemukan bahan pembuat memori dengan memakai metal oxide yang bersifat semi-konduktor

-          Memori ini disebut CHIP dengan ukuran 1 x 1cm

JENIS MEMORI

A.          Read Only Memory (ROM)


Yaitu memori yang hanya bisa dibaca

B.          Random Access Memory (RAM)

Yaitu memori yang bisa dibaca dan ditulis

C.          Cache Memory

Merupakan memory pembantu

SATUAN MEMORI

-          Satuan memori yaitu byte

-          1 byte yaitu kemampuan memori menyimpan satu karakter

-          1 kilobyte (KB) = 1024 byte

-          1 megabyte (MB) = 1000 KB = 1024000 byte

-          1 gigabyte (GB) = 1000 MB

-          1 terabyte (TB) = 1000 GB

TEKNIK PENYIMPANAN 1 KARAKTER

1. Alpha Numeris

Yaitu menyimpan 1 karakter 1 byte, berlaku untuk A s.d Z, 0, 1 s.d 9 dan semua simbol lainnya (. , < > : dsb) Disini angka hanya sebagai karakter, tidak berlaku proses arithmatik

2. Numeris

Yaitu menyimpan 1 karakter 4 byte, berlaku untuk angka/bilangan 0, 1 s.d 9 Disini berlaku proses arithmatik, yaitu angka bisa dijumlahkan, dikurangi, dibagi, dan dikali. Ada pula bilangan yang disimpan dengan memori 8 byte, sehingga ketelitian meningkat dari 7 angka dibelakang koma menjadi 16 angka.

UNIT PUSAT PEMROSESAN

Merupakan rangkaian elektronik yang komplek yang bekerja menerjemahkan perintah dari luar dan memecahkan kode-kodenya, sesuai dengan kode-kode tersebut alat ini akan memberikan perintah kepada unit lain untuk bekerja, terbuat dari lempeng kecil yang disebut Microprosessor/Microchip

Macam-macam merek microprosessor yaitu:

1. Intel, untuk IBM dan Kompatibel IBM

2. Motorolla, untuk Apple/MacIntosh

3. Zilog, untuk Zenith

-          Merek yang berkembang yaitu: Intel dengan bermacam-macam serie:  8088, 8086, 80286, 80386, 80486, Pentium 1, Pentium 2, Pentium 3, Pentium 4, Intel Celeron, Intel  Centrino Duo Processor, Intel Core 2 Duo, Intel Pentium Dual-Core Processor T2080

-          Kemampuan kerja processor ditentukan oleh:

1. Kapasitas bit, mulai dari 8, 16, 32, 64

2. Frekuensi listriknya, mulai dari 4, 8, 10, 16, 32 MHz dst.  Sekarang mulai dari 1.50, 1.60, 1.70, 1.80, 2.00, 2.20, 2.40 GHz.

-          Kecepatan kerja diukur dengan operation per second (operasi per detik) disingkat OPS/OPD

1000 OPS = 1 Kilo OPS (KOPS)

1000 KOPS = 1 Mega OPS (MOPS)

1000 MOPS = 1 Giga OPS (GOPS)

-          Unit Pusat Pemrosesan terdiri dari:

1. Unit Pengontrol (Control Unit) dengan tugas:

a. mengawasi peralatan input dan output

b. mengambil instruksi-instruksi dari memori utama

c. memasukkan data dan mengambilnya kembali dari memori

d. mengendalikan pengiriman data ke unit lainnya

e. membimbing ALU dalam mengolah data

f. menyimpan hasil pengolahan data ke memori utama

2. Arithmatic Logical Unit

3. Register

a. merupakan memori kecil berkecapatan tinggi (5-10 kali) memori utama

b. gunanya menyimpan sementara data dan instruksi

c. pada register ditemukan pula cache memory yang berfungsi mengambil dan menyimpan sementara data dan instruksi ketika CPU sedang bekerja dengan tujuan mengurangi waktu terbuang

4. Array Processor (Co-Processor)

Kerjanya membantu kerja CPU.

Contoh  :  Math Co-Processor utk matematika

Keempat bagian dari CPU ini terletak pada papan induk (motherboard). Pada motherboard juga terletak memori dan port input-output.

UNIT PERHITUNGAN DAN  PENALARAN

- Merupakan bagian dari CPU yang bertugas melakukan pengolahan data secara fisik, yaitu: penambahan, pengurangan, pembagian, dan pengalian, juga termasuk melakukan operasi yang logis seperti: membandingkan (<,  >,  =, dll) 

UNIT KELUARAN

Merupakan unit yang bertugas mengeluarkan hasil-hasil pengolahan data dan lain-lain oleh komputer ke media yang dapat dibaca terbagi menjadi 3           :

1. Hard Copy Device, seperti: printer, plotter, dan microfilm

2. Soft Copy Device, seperti: monitor, dan speaker

3. Drive Device, seperti: disk drive, dan tape drive

HARD COPY DEVICE

  1.   Printer, ada beberapa jenis:

            a. Dot matrix printer

            b. Daisy wheel printer

            c. Line printer

d. Ink jet/buble jet printer

            e. Laser printer

  1.   Plotter, digunakan untuk menggambar
  2.   Microfilm, berupa film untuk penyimpan data dan informasi

PERANGKAT KERAS BANTU

  1. Perangkat Keras Bantu Penyimpan
  2.  Perangkat Keras Bantu Komunikasi

PERANGKAT KERAS BANTU PENYIMPAN

1.      Cakram Magnetis, ada 3 jenis: 

a.    Cakram lentur (floppy disk = diskette)

-          terbuat dari sejenis plastik yang disebut Mylar
-          ukuran diameter 8, 51/4 ,   dan 3.5 inci
-          kapasitas 64, 128, 256, 512 KB, 1.4 MB
-          mempunyai jalur (track) yang konsentris
-          tiap jalur dibagi menjadi sector
-          sistem penyusunan sektor ada dua:
1) hard sectored
2) soft sectored
-          perkembangan disket:
1) SSSD
2) SSDD
3) DSDD
4) DSHD
-          disket digerakkan oleh disk drive

b. Cakram tetap/kaku (fixed/hard disk)

cakram ini tidak bisa diambil dari pengendalinya cakram ini keras/kaku kapasitas 5, 10, 20, 30, 40, 60, 80, 160, 400, 800 MB, 1, 4, 6, 10, 20, 40, 60, 80, 120, 160 GB, 200 GB, 500 GB, 1 TB (laptop), 2 TB (desktop)

c. Cakram kaku yang dapat diambil (removable disk)

dapat diambil dari pengendalinya cakramnya bisa lebih dari satu masing-masing cakram punya head sendiri kapasistas masing-masing cakram 5 atau 10 MB

d. Cakram optis

- compact disk (CD)

- digital video disk (DVD)

- BluRay (DVD) kapasistas tinggi

- Multiple Optical Data Storage (MODS) Disk sedang dikembangkan

2.    Pita Magnetis

tidak bisa dibaca secara random seperti disk, hanya dibaca secara sequential panjang pita: 800, 1200 dan 2400 feet lebar pita 0.5 inci kapasitas: 800, 1600, 6250 Byte per Inch (BPI) mempunyai jalur (track) track dibagi menjadi block pemisah block disebut Interblock Gap

3.    Unit Penyimpan Lainnya: 

- flash memory/USB flash/flash disk

- pengendalinya Universal Serial Bus (USB)

- kapasitas: 128, 256, 512 MB, 1, 2, 4 GB 

PERANGKAT KERAS BANTU KOMUNIKASI

1. Modem (Modulator Demodulator)

Merupakan alat yang mengubah data dari bentuk digital ke bentuk analog, kemudian data tersebut ditansmisikan lalu diterima kembali oleh modem kedua dan diubah lagi menjadi data digital

2. Multiplexer

Merupakan alat yang menerima banyak sinyal dari transmisi kapasitas rendah yang digabung untuk dikirim melalui transmisi kapasitas tinggi, sehingga dapat menghemat biaya.

3. Concentrator

Yaitu alat yang mempunyai fungsi sama dengan multiplexer, tetapi mempunyai alat untuk menyimpan data tersendiri, sehingga semua data yang masuk bisa disimpan terlebih dahulu sebelum dikirim melalui transmisi kapasitas tinggi.


Soal Tanya Jawab 3

1.      Definisi Komputer Menurut Robert H. Blissmer beberapa tugas sebagai berikut kecuali …

A.    Memproses input sesuai dengan tugasnya

B.     Menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahan

C.     Menyediakan output dalam bentuk informasi

D.    Mesin elektronik Untuk menghitung

 

2.      Ditemukan pula komputer Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) pada tahun …

A.    1952 M

B.     1951 M

C.     1950 M

D.    1949 M

 

3.      Alat Elektronik yang dipakai Vacuum Tube atau Tabung Hampa mempunyai ciri-ciri berat 30 ton, luas tempat 180 m2 , dapat melakukan solusi atau perhitungan 300 operasi/detik pada generasi berapa …

A.    Generasi II (1959 – 1964)

B.     Generasi I (1945 – 1959)

C.     Generasi IV (1970 – 1980an)

D.    Generasi III (1964 – 1970)

 

4.      Dalam sejarah perkembangan computer Tulang dipakai sebagai alat bantu untuk berhitung termasuk tahun ke …

A.    100.000 SM

B.     200.000 SM

C.     300.000 SM

D.    400.000 SM

 

5.      Tahun 1945 M ditemukan komputer elektronik I yang bernama …

A.     Electro Numerical Integrator and Calculator (ENIAC)

B.     Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC)

C.     Universal Automatic Computer (UNIVAC),

D.    Integrated Circuit (IC)

 

6.      Yang tidak termasuk perangkat keras pokok adalah …

A.    Unit Keluaran

B.     Unit Masukan

C.     Unit Memori

D.    Unit Masukan Langsung

 

7.      Yang termasuk Unit Masukan Tak Langsung adalah …

A.    Pembaca dengan media suara

B.     Pembaca dengan media mekanis

C.     Pembaca Kartu

D.    Pembaca dengan media magnetis

.

8.      Perkembangan sistem memori Binary Coded Decimal (BCD) menggunakan kombinasi bit sebanyak ...

A.    4

B.     3

C.     2

D.    1

 

9.      Random Access Memory (RAM) adalah …

A.    Memori yang hanya bisa dibaca

B.     Memori yang bisa dibaca dan ditulis

C.     Memori pembantu

D.    Bahan pembuat memori

 

10.   Yang bukan termasuk unit keluaran adalah …

A.    Hard Copy Device

B.     Soft Copy Device

C.     Drive Device

D.    Microfilm


Kunci Jawaban

1. D

2. A

3. B

4. C

5. A

6. D

7. C

8. A

9. B

10. D


Sumber    :    https://onlinelearning.uhamka.ac.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 6 Anggun TIK DALAM DUNIA PENDIDIKAN

Tugas 5 Anggun Dampak Pemakaian Komputer

Tugas 1 Anggun Rifka Pertiwi TIK2GPGSD22